Andre Schurrle Menjadi Pemain Termahal Dalam Sejarah Pembelian Pemain Borussia Dortmund

Andre Schurrle Menjadi Pemain Termahal Dalam Sejarah Pembelian Pemain Borussia Dortmund

Pembelian Andre Schurrle dari Wolfsburg telah memecahkan rekor klub untuk harga pembelian pemain. Pemain kedelapan yang dibeli Borussia Dortmund tersebut memaksa pihak klub merogoh kocek hingga 30 juta Euro. Pembelian besar yang pernah dilakukan Borussia Dortmund di masa lalu adalah pembelian Marcio Amoroso dari Parma seharga 25,5 juta Euro di tahun 2001 dan mendatangkan Henrikh Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk di tahun 2013 dengan nilai transfer 27,5 Euro. Pembelian Schurrle yang hanya berselang 1 hari dari kembalinya Mario Gotze ke Borussia Dortmund ternyata memicu beberapa komentar kontra; terlebih lagi mengingat harga tinggi dan prestasi pemain tersebut selama bermain di Mainz 05, Bayer Leverkusen, Chelsea dan Wolfsburg.

Andre Schurrle Menjadi Pemain Termahal Dalam Sejarah Pembelian Pemain Borussia Dortmund

Kehilangan beberapa pemain pilar sekaligus sosok panutan pada diri Mats Hummels; Ilkay Gundogan dan Henrikh Mkhitaryan sepertinya menjadi alasan lain dari keputusan mendatangkan Schurrle dan memulangkan Gotze. Kedua pemain tersebut merupakan kawan baik dan telah lama berlatih bersama di tim nasional Jerman. Pengalaman yang luas serta kepemimpinan yang dimiliki Schurrle akan menjadi aspek penting bagi proses Thomas Tuchel membesarkan dan mematangkan para pemain muda. Borussia Dortmund harus menjalani masa transisi dengan kondisi minim sosok panutan jika tidak mendatangkan beberapa pemain tersebut.

 

(Baca juga: Rob Holding resmi menjadi milik Arsenal)

 

Manajer Borussia Dortmund Thomas Tuchel merupakan sosok manajer yang memberi promosi bagi Andre Schurrle ke tim utama Mainz 05; sebuah alasan lain yang sebenarnya sangat bisa diterima mengingat kedekatan dan pemahaman sang manajer pada kemampuan pemain tersebut. Kemungkinan besar seorang Andre Schurrle akan dimanfaatkan Tuchel untuk menggantikan posisi Mkhitaryan sebagai gelandang serang yang beroperasi di sisi sayap. Karim Bellarbi yang memiliki karakter serupa sempat juga dikaitkan dengan Borussia Dortmund semenjak Mkhitaryan gencar dikabarkan akan pindah ke Liga Primer Inggris bersama Manchester United. Namun ternyata nama Schurrle menjadi pemain yang muncul ke dalam daftar beli Borussia Dortmund. Kondisi Marco Reus yang rawan cedera juga memberi nilai lebih bagi kedatangan Schurrle; ia dapat sewaktu – waktu menggantikan posisi Reus jika dibutuhkan. Kondisi fisik yang sangat baik dan kinerja tinggi seorang Andre Schurrle sepertinya diyakini Tuchel akan memberi manfaat besar meski sang pemain tidak mencetak banyak gol ataupun membuat banyak assist.