Brazil Dan Portugal Lolos; Sementara Argentina Dan Meksiko Tersingkir Dari Olimpiade

Brazil Dan Portugal Lolos; Sementara Argentina Dan Meksiko Tersingkir Dari Olimpiade Rio 2016

Tuan rumah Brazil mengakhiri penampilan buruk mereka di ajang Olimpiade Rio 2016 setelah menang besar saat melawan Denmark. Gabriel Jesus dan kawan – kawan menang dengan cukup meyakinkan setelah mencetak 4 gol tanpa balas ke gawang Denmark. Gabriel Barbosa membuka skor bagi Selecao saat pertandingan memasuki menit 26 dan mencatatkan gol pertama di Olimpiade. Gol tersebut sepertinya meningkatkan kepercayaan diri para pemain Brazil dan diikuti oleh gol – gol berikutnya. Sebelum babak pertama usai Gabriel Jesus mencetak gol kedua setelah menyelesaikan umpan silang ke tiang jauh yang dilakukan Luan. Para pemain Brazil memperlihatkan gelombang serangan ke lini pertahanan Denmark di babak kedua. Luan kemudian mencetak gol setelah menyelesaikan umpan Douglas Santos yang mengakhiri sebuah skema serangan rapi. Gabriel mencetak gol kedua di menit 80 untuk menutup pertandingan melalui tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti Denmark.

Brazil Dan Portugal Lolos; Sementara Argentina Dan Meksiko Tersingkir Dari Olimpiade Rio 2016

Kemenangan Brazil atas Denmark dan hasil imbang yang diperoleh Iraq saat melawan Afrika Selatan membuat Brazil memuncaki Grup A dan berhak lolos ke babak perempat final. Sukses Brazil gagal diikuti sesama tim Amerika Selatan setelah Argentina gagal lolos dari fase grup setelah hanya bermain imbang 1 – 1 melawan Honduras. Anthony Lozano mencetak gol melalui titik penalti dan membawa Honduras unggul 1 – 0 sebelum akhirnya Mauricio Martinez menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki injury time babak kedua. Kegagalan Argentina lolos dari fase grup merupakan yang pertama kali sejak tahun 1964; La Albiceleste memang sempat diisukan mundur dari cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade beberapa pekan sebelum pembukaan.

 

(Baca juga: Hattrick Philippe membawa Brazil menang besar)

 

Hasil kurang memuaskan juga dialami juara bertahan Meksiko pada Olimpiade Rio 2016 yang gagal lolos dari fase grup setelah kalah tipis 0 – 1 dari Korea Selatan. Gol yang dicetak Chang Hoon Kwon di menit 77 membawa Korea Selatan memuncaki klasemen akhir Grup C sekaligus mengeliminasi Meksiko dari turnamen. Sementara itu Portugal lolos ke babak perempatfinal setelah memuncaki klasemen akhir Grup D meski hanya bermain imbang 1 – 1 melawan Aljazair. Eksekusi penalti Goncalo Paciencia membawa Portugal unggul 1  – 0 sebelum Mohammed Benkablia menyamakan kedudukan 5 menit kemudian.