Fakta Sebenarnya Tragedi Hillsborough Akhirnya Terungkap

Fakta Sebenarnya Tragedi Hillsborough Akhirnya Terungkap

Fakta Sebenarnya Tragedi Hillsborough Akhirnya Terungkap

Bola212bet.com – Saat melihat tajuk utama di harian The Sun, terdapat Berita Bola yang berjudul “The Real Truth”. Headline ini dihiasi dengan sub headline, “ Some fans picked pockets of victims, Some fans urinated on the brave cops, Somefans beat up PCs giving the kiss of life”. 3 kalimat ini sebenarnya muncul pada berita yang juga dimuat dalam The Sun pada 15 April 1989, yaitu saat memberitakan tragedi Hillsborough.

 

Dalam sejarah panjang sepak bola Inggris, tragedi ini dikatakan sebagai yang terburuk. Pertandingan antara Liverpool dan Shefield Wednesday di kandang Shefield Wednesday berakhir buruk, dengan tewasnya 96 orang suporter. Banyak pihak yang menganggap bahwa hal ini terjadi karena kesalahan dari fans Liverpool yang menurut Gosip Bola berlaku anarkis dan memulai kerusuhan pada pertandingan itu. Dan, 3 kalimat yang digunakan The Sun diatas juga secara spesifik ditujukan pada fans Liverpool yang disalahkan atas kejadian ini. Hal ini juga diungkapkan oleh kepolisian South Yorkshire pada saat itu. Akan tetapi, terdapat pengakuan berbeda dari David Duckenfield. Siapa itu Duckenfield? Duckenfield saat itu menjabat sebagai instruktur kepolisian yang bertugas mengamankan pertandingan tersebut.

 

Menurutnya, saat itu, fans Liverpool memang cukup banyak yang datang ke stadion. Meskipun jatah mereka hanya 14.600 tempat duduk, tetapi ada ribuan fans yang memadati stadion. Menurut Info Bola yang beredar setelah kejadian Hillsborough ini, fans Liverpool memaksa masuk stadion dengan membuka paksa pintu stadion. Hal in dibantah oleh Duckenfield. Duckenfield mengaku bahwa dirinyalah yang memerintahkan pihak kepolisian untuk membuka pintu stadion. Dan, saat terjadi peristiwa runtuhnya stadion dan banyak korban berjatuhan, Duckenfield tidak memerintahkan anak buahnya untuk memanggil ambulan. Sebaliknya, dia memanggil unit anjing polisi untuk mengamankan massa.

 

Berita dan Hasil Bola yang dirilis FA dan pihak terkait, menurutnya sangat tidak benar dan sudah banyak direkayasa. Bahkan, rekaman CCTV yang ditayangkan sudah diedit pada beberapa bagian. Duckenfield yang kini berusia 70 tahun mengaku stress dan trauma karena menyimpan cerita sebenarnya yang terjadi di Hillsborough 26 tahun silam. Hal inilah yang membuat dia memutuskan untuk menjelaskan kabar yang sebenarnya, mengenai tragedi yang merenggut 96 nyawa ini.