Jurgen Klopp Masih Mengalami Kesulitan Dengan Lini Belakang Liverpool

Jurgen Klopp Masih Mengalami Kesulitan Dengan Lini Belakang Liverpool

Lini belakang Liverpool merupakan salah satu bagian dari tim yang banyak mendapat kritik hingga menjelang akhir musim. Harus diakui bahwa kinerja dan penampilan para pemain lini belakang Liverpool terutama di posisi bek tengah masih jauh dari kondisi memuaskan. Martin Skrtel, Mamadou Sakho dan Dejan Lovren yang diposisikan sebagai pilihan utama sebagai bek tengah memang tidak tampil konsisten serta sering bermasalah dengan cedera. Sedangkan Kolo Toure memang sejak awal diplot sebagai skuad player yang harus siap dimainkan saat bek tengah lain tidak dapat dimainkan. Dejan Lovren merupakan salah satu pemain di posisi bek tengah yang banyak menuai kritik.

Jurgen Klopp Masih Mengalami Kesulitan Dengan Lini Belakang Liverpool
Jurgen Klopp juga mengakui bahwa sebelum ia datang ke Anfield dan setelah ia menjabat manajer Liverpool di bulan Oktober lalu telah mengetahui bahwa pemain tersebut tidak berada di posisi yang baik. Pemain belakang internasional Kroasia tersebut menyebut tahun lalu sebagai masa terburuk bagi karirnya sebagai pemain sepakbola. Namun kini Lovren menjadi pilihan utama setelah kerja samanya dengan Mamadou Sakho terus membaik. Kedua pemain tersebut sebelumnya bersaing untuk mendapat tempat mendampingi Martin Skrtel; namun cedera yang dialami Skrtel dan penampilan yang kurang meyakinkan membuat kapten tim nasional Slowakia tersebut kehilangan tempat utama di jantung pertahanan Liverpool.
Pada pertandingan melawan Tottenham Hotspur yang berakhir imbang 1 – 1; Lovren tampil tenang dan terlihat nyaman dalam penguasaan bola. Berbeda dengan Sakho yang beberapa kali membuat kesalahan dan memberi peluang bagi para pemain Tottenham Hotspur melakukan serangan balik dengan cepat. Hasil buruk Liverpool saat kalah 0 – 2 dari West Ham United di bulan Januari dan 0 – 3 dari Watford di bulan Desember disebabkan oleh kesalahan – kesalahan yang dilakukan Sakho di lini belakang. Keunggulan 2 – 0 yang berakhir dengan kekalahan 2 – 3 di tangan Southampton juga terjadi ketika Sakho berpasangan dengan Skrtel. Duet Lovren – Sakho sepertinya masih akan menjadi tumpuan Jurgen Klopp setidaknya hingga musim ini berakhir. Kedatangan Joel Matip di musim depan sepertinya akan mengubah komposisi pemain Liverpool di posisi bek tengah dan juga lini belakang Liverpool.