Kesuksesan Barcelona, Luis Suarez Dan Johan Cruyff Di Musim Ini

Kesuksesan Barcelona, Luis Suarez Dan Johan Cruyff Di Musim Ini

Kesuksesan Barcelona memenangkan 2 gelar La Liga antara tahun 1960 hingga 1991 dan keberhasilan Barcelona memenangkan 6 gelar juara La Liga di 8 tahun terakhir serta keberhasilan memenangkan 14 gelar sejak 1991 menunjukkan perkembangan Barcelona sebagai salah satu klub terbaik Spanyol. Kedatangan Johan Cruyff sebagai manajer di tahun 1988 menjadi titik awal perkembangan Barcelona hingga seperti sekarang ini. Ia mengembangkan tim dengan perpaduan pemain Spanyol dan pemain internasional serta memberi perhatian besar bagi akademi sepakbola La Masia sehingga melahirkan pemain – pemain hebat. Barcelona memenangkan 4 gelar La Liga beruntun dari tahun 1991 hingga 1994 di bawah asuhan Johan Cruyff.

Kesuksesan Barcelona, Luis Suarez Dan Johan Cruyff Di Musim Ini

Kesuksesan Barcelona di La Liga Spanyol

Barcelona masih berpeluang memenangkan 1 gelar lagi di musim ini setelah berhasil memenangkan gelar La Liga di pekan terakhir musim ini. Meski gagal di Liga Champions Eropa; namun kesuksesan Barcelona menjadi juara La Liga tetap dirayakan dengan meriah dan salah satu pemain yang memberi dampak besar bagi Barcelona di musim ini adalah Luis Suarez. Mantan penyerang Liverpool tersebut memenangkan Spanish Pichichi atau penyerang tersubur di Spanyol dan juga Sepatu Emas Eropa. Ia mencatatkan diri sebagai penyerang yang mencetak 40 gol; membuat 6 hatrik dan bersama Lionel Messi memuncaki daftar pemain dengan assist terbanyak berkat catatan 16 assist. Suarez merupakan figur sentral bagi sukses Barcelona di musim ini dan ada hubungan erat antara Suarez dan Johan Cruyff yang membangun pondasi tim Barcelona yang ada saat ini; keduanya terkait melalui Ajax Amsterdam.

 

Salah satu alasan kecepatan adaptasi Luis Suarez yang datang ke Barcelona setelah mendapat hukuman larangan bermain dan juga keberhasilan dirinya melebur diri dengan pemain – pemain yang dibesarkan Barcelona adalah dasar sepakbola yang dimiliki Suarez dibangun di Ajax Amsterdam; klub yang juga membesarkan dan dibesarkan Johan Cruyff. Luis Suarez datang ke Ajax Amsterdam dari sesama klub Belanda Groningen saat masih berusia 20 tahun. Kesamaan filosofi permainan membuat Suarez dengan cepat menjadi bagian penting dan juga sumber kekuatan Barcelona saat ini.