Leicester City dan Deretan Nama Legendaris Sepanjang Sejarahnya

Leicester City dan Deretan Nama Legendaris Sepanjang Sejarahnya

Sebagai juara Liga Utama Inggris musim 2015/2016, Leicester City kini semakin menjadi sorotan di mana-mana. Pencapaian yang sangat luar biasa karena klub ini telah berhasil menancapkan reputasinya di tengah dominasi nama-nama klub besar di Inggris. Leicester City bukanlah sebuah tim besar yang bertaburkan para bintang. Justru itulah kehebatan dari tim yang menyandang julukanĀ The Foxes.

Leicester City dan Deretan Nama Legendaris Sepanjang Sejarahnya

Namun apa benar bahwa klub ini tak punya nama-nama terbaik di sepanjang sejarahnya? Bagaimana pun juga, Leicester merupakan klub yang punya riwayat dan tradisi kental dengan sejarah sepakbola Inggris. Kenyataan itu diperkuat oleh sejumlah fakta dari nama-nama legendaris yang pernah memperkuat tim ini. Pertama adalah Gordon Banks. Ia menciptakan debutnya di Leicester pada tahun 1956 setelah sebelumnya bermain untuk Chesterfield. Meski tak kesampaian mengantarkan timnya jadi juara, Banks sukses mengantarkan Leicester pada putaran final FA 1961 dan 1963. Tahun 1964, ia juga berhasil mengantarkan Leicester memboyong Piala Liga.

 

(Baca juga: Putusan FA Kepada Jamie Vardy)

 

Sosok penting dari Leicester City yang mewarnai perjalanan tim ini adalah John Sjoberg. Karirnya dimulai tahun 1958 sampai 1973. Pemain berkebangsaan Skotlandia sukses mengantarkan tim menyabet Piala Liga di musim 1963/1964.

 

Nama legendaris lainnya adalah Steve Walsh. Ia merupakan salah satu pemain Leicester yang terhitung lama membela klub. Karirnya diawali tahun 1986 sampai 2000. Ia juga pernah menyandang ban kapten dari tahun 1992. Prestasinya adalah mengantarkan klub meraih Piala Liga di tahun 1997. Hampir di era yang sama, Leicester juga pernah memiliki Muzzy Izzet. Awalnya ia dipinjam dari Chelsea pada tahun 1996. Tapi pihak klub rupanya sangat tertarik dengan bakatnya dan segera mempermanenkan statusnya. Bersama Leicester, ia sukses meneguhkan reputasinya sebagai pemain terbaik dan berhasil menyabet 2 Piala Liga.

 

Salah satu pemain terbaik Leicester City adalah Keith Weller. Tahun 1971 merupakan debutnya dan menghabiskan masa karirnya selama 8 musim. Sayangnya, sepanjang penampilannya di Leicester, tak satu pun gelar juara bisa diraih. Tahun 1978, ia akhirnya pindah ke New England Tea Men, sebuah klub di Amerika Serikat.