Lyon Berpeluang Mendapat 28 Juta Euro Dari Penjualan Anthony Martial Ke Manchester United

Transfer Anthony Martial pada bursa transfer musim panas tahun lalu dari AS Monaco ke Manchester United ternyata berpeluang memberi pemasukan hingga 28 juta Euro pada Lyon. Pernyataan tersebut diutarakan presiden klub Lyon Jean Michel Aulas. Anthony Martial dibeli Manchester United dan AS Monaco tahun lalu dengan nilai transfer yang dilaporkan mencapai 36 juga Poundsterling. Kesepakatan transfer tersebut juga menyertakan klausul bonus berdasar performa sang pemain di musim pertamanya bermain bersama Manchester United. Anthony Martial mencetak 11 gol di Liga Primer Inggris musim lalu dan catatan gol tersebut sepertinya akan memberi peluang bagi AS Monaco untuk mendapatkan bonus tambahan.

Lyon Berpeluang Mendapat 28 Juta Euro Dari Penjualan Anthony Martial Ke Manchester United

Besarnya nilai transfer dan bonus yang diterima oleh AS Monaco ternyata juga akan memberi pemasukan bagi kubu Lyon. Pada saat Anthony Martial dijual oleh Lyon ke AS Monaco senilai 5 juta Euro pada Juni 2013 lalu terdapat klausul bagi hasil sebesar 20 persen jika kelak di kemudian  hari pihak AS Monaco memutuskan untuk menjual Anthony Martial ke klub lain. Berdasar nilai transfer Martial dari AS Monaco ke Manchester United; pihak Lyon setidaknya akan mendapat 14 juta Euro; namun kini besaran nilai bagi hasil yang mungkin diterima Lyon telah meningkat cukup tajam mengingat pihak AS Monaco juga harus membayar uang solidaritas kepada pihak Lyon. Berdasarkan aturan FIFA tentang pembayaran solidaritas; setiap klub yang membeli pemain yunior dan kemudian menjualnya ke klub lain wajib memberikan kompensasi uang pembinaan kepada klub yang membesarkan pemain tersebut.

 

Jean Michel Aulas menyebut besarnya uang yang mungkin diperoleh Lyon dari penjualan Anthony Martial ke Manchester United mencapai sekitar 28 juta Euro. Presiden klub Lyon tersebut mengaku keputusan menjual Martial ke AS Monaco pada waktu itu sangatlah sulit dan juga menyakitkan mengingat pemain tersebut merupakan pemain muda berbakat dan salah satu pemain terbaik di akademi. Namun Aulas juga mengakui keputusan menjual Martial juga berdampak besar bagi klub yang saat itu menghadapi masalah keuangan. Ia mengatakan jika saja pihak AS Monaco tidak datang dan membayar Martial secara tunai sebesar 5 juta Euro; maka klub Lyon mungkin akan berada dalam masalah besar.