Shakhtar Donetsk Lolos Ke Semifinal Liga Eropa Setelah Menang Agregat 6 – 1 Atas Braga

Shakhtar Donetsk Lolos Ke Semifinal Liga Eropa Setelah Menang Agregat 6 – 1

Wakil Ukraina Shakhtar Donetsk menang mudah atas Braga di leg kedua untuk memastikan 1 tempat di babak semifinal Liga Eropa 2016. Shakhtar Donetsk memenangkan leg pertama di kandang Braga dengan skor tipis 2 – 1. Menjalani leg kedua di kandang sendiri dengan bekal kemenangan 2 – 1 di leg pertama membuat Darijo Srna dan kawan – kawan tampil penuh percaya diri di tengah dukungan suporter mereka di Arena Lviv. Kapten Shakhtar Donetsk tersebut mencatat rekor baru saat menjalani pertandingan melawan Braga dan menjadi pemain yang memiliki catatan terbanyak tampil untuk Shakhtar Donetsk. Ia juga mencetak sebuah gol melalui titik penalti dan membuat 2 assist untuk 2 gol lain bagi Shakhtar Donetsk.

Shakhtar Donetsk Lolos Ke Semifinal Liga Eropa Setelah Menang Agregat 6 – 1 Atas Braga

Pemain belakang veteran asal Kroasia tersebut mencatatkan dirinya bermain di 486 pertandingan untuk Shakhtar Donetsk. Pemain 33 tahun tersebut juga naik ke peringkat 18 dalam daftar pemain yang paling banyak tampil di kompetisi antar klub Eropa. Ia menggeser mantan gelandang bertahan Perancis Claude Makalele dan melakukan pemecahan rekor tersebut dengan penuh gaya. Sebuah gol dan 2 buah assist menjadi bukti dirinya masih mampu tampil baik dan produktif meski telah memasuki usia 33 tahun. Setelah mencetak gol di menit 25 melalui titik penalti; sebuah umpan silang yang dilakukan Srna di menit 42 memaksa pemain belakang Braga Ricardo Ferreira mencetak gol bunuh diri. Pertandingan melawan Shakhtar Donetsk sepertinya merupakan hari sial Ferreira karena ia kemudian mencetak gol bunuh diri kedua di menit 73. Hasil tersebut sekaligus membuat Braga harus kehilangan kesempatan lolos ke semifinal liga eropa musim ini.

 

Gol ketiga Shakhtar Donetsk dicetak oleh Viktor Kovalenko di menit 50 setelah memanfaatkan umpan tarik Darijo Srna. Berkat keberhasilan melaju ke semifinal Liga Eropa musim ini; Shakhtar Donetsk berpeluang mengulang sukses mereka memenangkan Piala UEFA di tahun 2009 lalu. Darijo Srna berpeluang kembali mencetak sejarah setelah ia juga menjadi kapten Shakhtar Donetsk saat mengalahkan Werder Bremen di partai final Piala UEFA 2009 yang berakhir dengan kemenangan 2 – 1 atas wakil Jerman tersebut. Mantan pemain belakang Hajduk Split tersebut kini dapat saja mengulang sukses 7 tahun lalu jika berhasil mengangkat tropi Liga Eropa di musim ini.